13 October 2019

Soal OGN Guru SD 2019 : Bidang Guru Tematik

Folder OSN. Semangat untuk terus berbagi kamu kuat selalu, untuk dapat berbagi kepada siapa saja, terutama seputar Olimpiade. Dikesempatan ini yang akan Folder OSN bagikan adalah Naskah Soal Olimpiade Guru Nasional Tingkat SD  Bidang Guru Tematik SD Tahun 2019 yang selanjutnya nanti akan kami sebut dengan Soal OGN Guru SD 2019 : Bidang Guru Tematik. 

Untuk bapak ibu guru SD yang akan mengikuti OGN tahun 2020 dan tahun-tahun berikutnya, soal Soal OGN Guru SD 2019 : Bidang Guru Tematik bisa dijadikan referensi, bahan belajar dalam mempersiapkan menjadi sang juara OGN 2020 nanti.

Soal Olimpiade Guru Nasional Bidang Tematik SD terdiri dari soal Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jumlah masing masing adalah 20 soal. Sehingga total seluruhnya ada 60 soal.

Soal OGN Guru SD 2019 : Bidang Guru Tematik

Soal Olimpiade Guru Tematik SD tahun 2019 ini dapat Bapak/Ibu download secara percuma saja dengan satu kali klik pada link download yang kami sedia dibawah ini.

Download  Soal OGN Guru SD 2019 : Bidang Guru Tematik (Belum aktif ya, belum selesai memperkecil Size

Pedoman Pelaksanaan OGN Guru SD dan SMP Tahun 2019

Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019 Pendidikan Dasar (Dikdas) merupakan ajang kompetisi bagi Guru tematik dan matematika SD dan guru SMP mata pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, yang dilaksanakan secara bertahap dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional dalam meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik pada bidang yang diampunya.
Baca Juga
Pedoman Pelaksanan Olimpiade Guru Nasional Pendidikan Dasar Tahun 2019 telah diterbitkan oleh direktur pembinaan guru Pendidikan Dasar secara resmi tanggal 23 Januari 2019 atau disebut dengan Pedoman Pelaksanaan OGN Guru SD dan SMP Tahun 2019. Olimpiade Guru Nasional (OGN) bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya kompetensi profesional dan pedagogik guru. Olimpiade Guru SD dan SMP  tentunya untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik guru SD dan guru SMP melalui ajang lomba yang kompetitif, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sub Direktorat Kesejahteraan Penghargaan dan Pelindungan akan melaksanakan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Jenjang Pendidikan Dasar Tahun 2019. 

Pelaksanaan seleksi OGN tahun 2019 bagi guru SD dan SMP dilakukan dalam dua mekanisme: (a) berjenjang dimulai seleksi tingkat kabupaten/kota sampai tingkat provinsi, dan (b) secara daring terpusat melalui laman https://kesharlindungdikdas.id/.

Kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Dasar (Dikdas) merupakan salah satu sarana peningkatan mutu pendidikan khususnya kompetensi profesional dan pedagogik guru SD dan SMP melalui ajang lomba yang kompetitif. Kegiatan OGN Dikdas ini diharapkan dapat memotivasi guru untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, profesionalisme, dan kinerja guru pendidikan dasar di seluruh pelosok tanah air. Peningkatan kompetensi tersebut diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu pendidikan.

Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Subdirektorat Kesejahteraan, Penghargaan, dan Pelindungan (Subdit Kesharlindung) telah melaksanakan OGN Dikdas sejak tahun 2016. Olimpiade Guru Nasional pada tahun 2019 bagi guru SD dan SMP ini merupakan pelaksanaan kegiatan OGN Dikdas tahun keempat. Peserta dalam kegiatan OGN Dikdas 2019 adalah para guru SD dan SMP.

Penyelenggaraan OGN Dikdas dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari seleksi tingkat kabupaten/kota, peserta yang berhasil lobos pada tingkat kabupatenflcota berhak mengikuti seleksi tingkat provinsi, peserta yang berhasil lobos tingkat provinsi dan daring terpusat akan menjadi finalis tingkat nasional.

Tujuan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tahun 2019 sebagai berikut :
  1. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat;
  2. Memotivasi guru dalam meningkatkan wawasan pengetahuan, profesionalisme, dan kinerjanya;
  3. Membangun komitmen guru dalam meningkatkan mutu pendidikan;
  4. Mengembangkan kesadaran ilmiah guru untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan
  5. Menguatkan profesi guru sebagai profesi yang terhormat, mulia, dan bermartabat.
Tema yang di angkat pada ajang Olimpiade Guru Nasional (OGN)  dikdas Tahun 2019 adalah "Membangun Guru Pendidikan Dasar yang Unggul untuk meningkatkan keterampilan Abad 21".

Gur SD dan SMP yang bisa ikut OGN Dikas 2019 adalah sebagai berikut :
Guru SD pembelajaran:
a. Tematik
b. Matematika

Guru SMP mata pelajaran:
a. Matematika
b. IPA
c. IPS
d. Bahasa Indonesia
e. Bahasa Inggris

Jadwal Pelaksanaan OGN  OGN Guru SD dan SMP Tahun 2019
  1. Seleksi secara mandiri tingkat kabupaten/kota : Awal Februari - 26 Februari 2019
  2. Seleksi tingkat provinsi dan daring terpusat : 18 Maret - 5 April 2019
  3. Penilaian seleksi tingkat provinsi : 8 April - 12 April 2019
  4. Pengumuman peserta tingkat nasional :18 April 2019
  5. Seleksi tingkat nasional : 29 April - 2 Mei 2019
DOWNLOAD Pedoman Pelaksanaan OGN Guru SD dan SMP Tahun 2019 

3 comments

  1. Kapan kira2 soal OGN tematik mulai bisa di download?

    ReplyDelete
  2. Halah... file download belum diupload sudah dijadikan content website buat naikin trafic kunjungan, dibuat dari tahun 2019 sampai sekarang tahun 2022 belum diupload juga kendala belum bisa ngecilin size. gak niat

    ReplyDelete
  3. gimana cara kita bisa ikut OGN ini bpk ibu guru yg hebat ?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon