16 December 2019

Mengenal OSN di Semua Jenjang SD, SMP dan SMA

Folder OSN. Berbagi informasi tentang OSN adalah sebuah tanggung jawab kami. Kenapa jadi tanggung jawab kami ?, tentu saja ada yang bertanya. Kami merasa sendiri bertanggung jawab untuk berbagi informasi tentang OSN, dengan rasa itu hingga kami membuat sebuah blog Folder OSN  yang mayoritas 90% kontentnya adalah seputar OSN.

Bagi para calon peserta OSN, kami mengajak kamu untuk kenalan dengan OSN. Kita mulai dari kepanjangan OSN. OSN adalah singkatan dari Olimpiade Sains Nasional.

Mengenal OSN di Semua Jenjang SD, SMP dan SMA
Siapa saja yang bisa ikut OSN ?
Peserta OSN terdiri dari tiga jenjang yaitu : OSN jenjang SD, OSN jenjang SMP dan OSN jenjang SMA. Berarti semua siswa bisa sebagaia calon peserta OSN.

OSN pakah hanya tingkat nasional saja ?
OSN SD itu dimulai dati tingkat kecamatan, kemudian juara OSN tingkat kecamatan akan bersaing di tingkat kabupaten, kemudian juara tingkat kabupaten akan bersaing di tingkat provinsi, dan juara OSN provinsi dan perwakilan provinsi akan bersaing di tingkat nasional.

OSN SMP dan SMA berbeda dengan OSN SD. OSN SMP dan SMA itu dimulai dari tingkat kabupaten.

Peserta tingkat kecematan bagi SD dan tingkat kabupaten bagi SMP dan SMA tentu saja adalah hasil terbaik dari seleksi tingkat sekolah masing-masing.

Mata pelajaran apa saja yang di Olimpiadekan ?
Mata pelajaran yang di olimpiadekan adalah tentu mata pelajaran sains, simak berikut ini mata pelajaran yang di olimpiadekan tiap jenjangnya.

Mata pelajaran yang di olimpiadekan jenjang SD adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Mata pelajaran yang di olimpiadekan jenjang SMP adalah Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Mata pelajaran yang di olimpiadekan jenjang SMA adalah Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Geografi dan Kebumian.

Kapan OSN dilaksanakan ?
OSN dilaksanakan tiap tahunnya tanggalnya berberda beda, namun menlihat 3 tahun terakhir OSN dilaksanakan untuk tingkat kabupaten sekitar Bulan Maret, tapi bisa saja akhir Februari. OSN Provinsi dilaksanakan sekitar bulan Mei, dan OSN Nasional Akhir Juni atau awal juli. 

Apakah Sama waktu OSN SD , SMP dan SMA ?
OSN SD, SMP dan SMA waktunya belum bisa dipastikan sama untuk tingkat kabupaten dan provinsi. Tapi waktunya berdekatan, namun sama untuk tingkat nasional.

Apakah sama waktu OSN tingkat kabupaten, provinsi di setiap daerah ?
YA. Pelaksanaan OSN tingkat kabupaten dan pelaksanaan OSN tingkat provinsi dilaksanakan di hari yang sama dan waktu yang sama sesuai wilayah.

Apakah ada silabus OSN ? 
Ya ada, Silabus OSN tiap tahun akan dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan masing masing jenjang.
OSN SD dikeluarkan DITPSD, OSN SMP dikeluarkan DITPSMP dan OSN SMA dikeluarkan oleh DITPSMA

Kapan dikeluarkan silabus OSN ?
Menurut pantaua Folder OSN kurun waktu tiga tahun terakhir DITP masing masing mengeluarkan silabus sekitar 2 bulan sebelum OSN tingkat kabupaten atau lebih kurang 2 bulan sebelum OSN tingkat kabupaten.

Dimana bisa mendownload silabus OSN ?
Sialabus OSN bisa di download langsung ke laman DITP masing-masing jenjang. Namun Folder OSN juga akan membagikan dilaman blog ini untuk mempermudah sahabat Folder OSN mendownloadnya.

Bagaimana seleksi OSN ?
Seleksi OSN tahun tahun terakhir masih menggunakan ujian tulis. kalau seleksi kecamatan diadakan di salah satu tempat yang ditunjuk, kalau seleksi kabupaten di adakan di salah satu tempat oleh panitia kabupaten.

Apakah ada soal Esay atau pilihan ganda ?
Soal OSN tergantung pada bidang OSN yang di ikuti, ada soalnya yang esay saja, dan juga soalnya yang pilihan ganda saja, dan juga campuran.

Apakah ada nilai minimal untuk seleksi kabupaten supaya bisa ke provinsi ?
Melihat dari beberapa tahun terakhir tidak ada. yang ada batas minimal atau bisa dikatakan passing grade adalah seleksi dari provinsi ke tingkat nasional. Karena Ke tingkat nasional selain dari perwakilan provinsi ada peserta berasal dari nilai terbaik.

Apakah ada soal praktek?
Soal untuk tingkat kabupaten belum ada praktikum.

1 comment

  1. Anonymous18 June, 2022

    Selamat pagi
    ijin bertanya,bagaimana cara meligalisir piagam dari OSN??

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon