28 January 2020

Petunjuk Pelaksanaan KSN SMA 2020

Folder OSN. Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara konsisten terus mengembangkan program pembinaan olah pikir peserta didik melalui kegiatan Kompetsi Sains Nasional (KSN). Sampai saat ini KSN meliput 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu: bidang Matematka, Fisika, Kimia, InformatkaaKomputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geograf.

KSN diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi, dan matematka, kegiatan ini juga sesungguhnya adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportf, tekun, kreatf, tangguh dan cinta tanah air. Melalui KSN juga kita peroleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan kita ikutsertakan dalam Kompetsi sains internasional.

Pedoman KSN 2020

Oleh karena itu KSN yang setap tahun kita selenggarakan harus dapat berjalan dengan sebaik-baiknya sejak tngkat sekolah, tngkat kabupatenakota hingga ke tingkat internasional. Buku Panduan KSN Tahun 2020 ini merupakan acuan bagi panita Kompetsi Sains Nasional tngkat KabupatenaKota (KSN-K), Kompetsi Sains Nasional tngkat Provinsi (KSN-P), Kompetsi Sains Nasional (KSN), sekolah, guru, siswa dan bagi semua pemangku kepentngan dalam mengikut dan melaksanakan seleksi dengan sebaik-baiknya.

Taerima kasih kepada semua pihak atas dukungannya sehingga KSN dapat terus berkembang menjadi wahana penyiapan generasi emas Indonesia. Kritk yang membangun dan saran kami harapkan untuk kesempurnaan penyelenggaraan KSN di masa yang akan datang. Semoga KSN tahun 202202 ini dapat berjalan sukses dengan dukungan semua pihak baik yang ada di daerah maupun di tngkat pusat.

Kompetsi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetsi ini juga merupakan bagian pentng dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan Khusus KSN SMA Adalah 
  1. menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tngkat kabupatenakota, tngkat provinsi, dan tngkat nasional,
  2. menyeleksi siswa yang mempunyai kompetensiakemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu bidang Matematka, Fisika, Kimia,Informatka, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geograf,
  3. menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia untuk kompetsi tngkat internasional.

Taahapan pelaksanaan KSN terdiri atas:
  1. Taahapan seleksi tngkat sekolah disebut sebagai Kompetsi Sains Nasional tngkat Sekolah (KSN-S)
  2. Taahapan seleksi tngkat kabupatenakota disebut sebagai Kompetsi Sains Nasional tngkat KabupatenaKota (KSN-K)
  3. Taahapan seleksi tngkat provinsi disebut sebagai Kompetsi Sains Nasional tngkat Provinsi (KSN-P)
  4. Taahapan seleksi tngkat nasional disebut sebagai Kompetsi Sains Nasional (KSN)

Hasil yang Diharapkan dari KSN adalah :
  1. terselenggaranya seleksi secara berjenjang peserta KSN dimulai dari tngkat sekolah, tngkat kabupatenakota, tngkat provinsi, dan tngkat nasional,
  2. terseleksinya calon peserta Kompetsi Sains Nasional tngkat kabupatenakota (KSN-K) untuk diikutsertakan ke tngkat provinsi (KSN-P), terseleksinya pemenang KSN-P untuk diikutsertakan ke tngkat nasional (KSN), dan terseleksinya siswa terbaik dari tngkat nasional yang akan dipersiapkan untuk mengikut kompetsi sains internasional,
  3. terseleksinya peserta KSN bidang Matematka, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geograf.

Waktu Penanggung jawab dan tempat pelaksanaan KSN SMA 2020
  1. Seleksi tingkat sekolah (KSN-S) - Kepala Sekolah - bulan Januari 2020
  2. Seleksi tingkat Kabupaten Kota (KSN-K) - Dinas Pendidikan Provinsi - tanggal 18 Februari 2020
  3. Seleksi tngkat provinsi (KSN-P) - Provinsi Dinas Pendidikan Provinsi - dilaksanakan pada tanggal 14 s.d 16 April 2020
  4. Seleksi Taingkat Nasional (KSN) - Bangka Belitung - Direktorat PSMA - dilaksanakan pada tanggal Tangga 21 s.d. 27 Juni 2020

Kompetsi Sains Nasional tngkat Sekolah (KSN-S)
Sekolah menyeleksi siswa berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan dalam panduan ini dan mengajukan peserta kompetsi sains pada masing-masing bidang sains untuk diseleksi sebagai peserta Kompetsi Sains Nasional tngkat KabupatenaKota (KSN-K). Penanggungjawab KSN-S adalah Kepala Sekolah.

Kompetsi Sains Nasional tngkat Kabupaten/Kota (KSN-K)
  1. Peserta KSN-K adalah siswa kelas IX sampai kelas XI, dan siswa kelas VIII dengan syarat yang telah ditentukan oleh masing-masing bidang sains.
  2. Setap sekolah berhak mengirimkan siswa terbaik hasil KSN-S dengan jumlah minimum satu peserta tap bidang sains.
  3. Jumlah maksimum peserta per bidang per sekolah diatur dan ditentukan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Provinsi.
  4. Pelaksanaan KSN-K dilakukan dalam waktu yang bersamaan secara nasional.
  5. Hasil KSN-K dipublikasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
  6. Pelaksanaan KSN-K menggunakan soal dan kunci jawaban beserta kriteria penilaian yang disusun oleh Taim Juri KSN.
  7. Penilaian KSN-K dilakukan oleh Taim Juri KSN-K yang dapat melibatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan perguruan tnggi yang kompeten yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

Kompetsi Sains Nasional tngkat Provinsi (KSN-P)
  1. Jumlah peserta KSN-P maksimal 3 (tga) siswa per bidang sains tap sekolah.
  2. Taotal peserta maksimal per bidang sains setap provinsi adalah banyaknya kabupatenakota dikalikan 3 (tiga). Provinsi yang memiliki kurang dari 25 kabupatenakota jumlah peserta maksimal 75 siswa per bidang.
  3. Penyusun soal KSN-P adalah Taim Juri KSN.
  4. Penilaian lembar jawaban KSN-P dilakukan oleh Taim Juri KSN.
  5. Pelaksanaan KSN-P dilakukan dalam waktu yang bersamaan secara nasional.
  6. Hasil KSN-P dipublikasikan oleh Direktorat Pembinaan SMA.
  7. Penanggungjawab pelaksanaan KSN-P adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
Kompetsi Sains Nasional (KSN)
  1. Setap provinsi diwakili minimal 1 (satu) siswa terpilih per bidang.
  2. Untuk setap bidang sains, maksimum peserta setap provinsi adalah sepuluh persen dari total peserta KSN.
  3. Jumlah maksimal peserta tap sekolah yang dikirimkan ke KSN adalah 2 (dua) siswa per bidang.
  4. Penyusun soal KSN adalah Taim Juri KSN.
  5. Pelaksanaan KSN dilakukan oleh Panita Pelaksana yang terdiri atas unsur Kemendikbud dan unsur Pemerintah Daerah tuan rumah KSN.
  6. Pemenang KSN diumumkan ke publik oleh Direktorat Pembinaan SMA.
  7. Penanggung jawab KSN adalah Direktur Pembinaan SMA.
DOWNLOAD Petunjuk Pelaksanaan Kompetsi Sains Nasional KSN SMA 2020
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon