11 August 2020

Informasi Pelaksanaan KSN 2020

Jadwal KSN 2020 terbaru sesuai Surat Pemberitahuan Pelaksanaan Kegiatan Masa Covid-19 oleh Pusat Prestasi Nasional kami ringkas dibawah ini. Semoga Bapak ibu pembimbing dan adik adik yang sedang mempersiapkan diri untuk sang juara KSN, terus lah belajar menolak menyerah, tetap berprestasi dari rumah.

KSN SD:

Seleksi Provinsi (KSN-P SD) = 28 September 2020

Seleksi Nasional (KSN SD)   = 28 Oktober s.d. 1 November 2020

KSN SMP:

Seleksi Kabupaten/Kota (KSN-K SMP) = 29 September 2020

Seleksi Provinsi (KSN-P SMP)               = 12 s.d. 14 Oktober 2020

Seleksi Nasional (KSN SMP)                 = 28 Oktober s.d. 1 November 2020

KSN SMA:

Seleksi Provinsi (KSN-P SMA) = 10 s.d. 14 Agustus 2020

Seleksi Nasional (KSN SMA)   = 12 s.d. 17 Oktober 2020

Info KSN 2020

Pusat Prestasi Nasional menyampaikan salam sehat kepada Bapak/Ibu sekalian. Terimakasih untuk tetap setia bersama melayani pengembangan prestasi peserta didik di seluruh Tanah Air. Sebagai wujud komitmen kita bersama untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik di dalam situasi bencana pandemi ini, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal penting sebagai berikut :

1. Seluruh kegiatan pengembangan prestasi peserta didik, karena situasi pandemik yang belum mereda, telah kami rancang untuk dilakukan secara daring (virtual) untuk seluruh bidang lomba/festival untuk seluruh jenjang mulai dari tingkat daerah hingga ke tingkat internasional. Adaptasi Kebiasaan (Berprestasi) Baru, kami kuatkan dengan mengobarkan semangat #menolakmenyerah, tetap #berprestasidarirumah, dan #jujurjuara.

2. Berbagai lomba/festival di bidang sains, seni, literasi, bahasa, vokasi, kewirausahaan, dan olahraga, kami adaptasi secara daring dalam berbagai wujud aplikasi yang bisa diakses oleh peserta didik yang harus tetap berada di rumah. Diperlukan beberapa adaptasi dan pendampingan dari orang tua/orang dewasa, guru/kepala sekolah kepada peserta didik untuk mengikuti lomba/festival sesuai dengan minat dan potensinya. Untuk itu kami mohon kerjasama yang baik dari Bapak/Ibu agar mereka tetap bisa berprestasi dari rumah namun tetap kita jaga utamakan kesehatannya. Semua telah kami tuangkan di dalam pedoman umum dan pedoman teknis penyelenggaraan kegiatan lomba/festival atas arahan dari Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), Satgas Penanggulangan/Pencegahan Covid-19 dan berbagai pihak terkait, yang dapat dilihat/diakses dalam laman http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id dan media sosial resmi Puspresnas.

3. Kami telah mengatur agenda umum pelaksanaan kegiatan lomba/festival secara tematik setiap bulan pada sisa tahun pandemik ini sebagai berikut :

a. Bulan September : Prestasi bidang seni, bahasa, dan literasi.

b. Bulan Oktober : Prestasi bidang sains, riset, teknologi, dan inovasi.

c. Bulan November/Desember : Prestasi bidang vokasi, olahraga dan kesehatan jasmani.

4. Untuk bidang olahraga, pada tahun ini Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) hanya untuk cabang Pencak Silat dan Karate yang dilakukan secara daring. Demikian juga untuk Gala Siswa Indonesia (GSI), lomba sepakbola jenjang SMP, dilakukan secara daring untuk seleksi daerah dan sedang menjadi timbangan bersama PSSI jika dapat dilakukan secara onsite pada bulan November 2020 untuk tingkat nasional.

5. Berbagai kegiatan pada tingkat perguruan tinggi tetap dipertahankan dengan berbagai adaptasi secara daring. Beberapa kegiatan seperti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) pada tingkat nasional masih dipertimbangkan untuk dilakukan secara luring/onsite/blended dengan mengikuti perkembangan kondisi pandemi di bulan September 2020.

6. Kompetisi Penelitan Siswa Indonesia (KOPSI) dan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), yang sejak 3 tahun terakhir ini registrasi dan seleksinya telah dilakukan secara daring, maka 2 (dua) kegiatan ini telah dimulai proses seleksinya sejak bulan Mei/Juni 2020 hingga bulan Oktober 2020 dengan sejumlah penyesuaian di beberapa bidang IPA.

7. Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK dan Pendidikan Khusus tahun ini ditetapkan semuanya dilakukan secara daring. LKS Nasional akan dilaksanakan secara daring/virtual pada awal November 2020. Seleksi tingkat provinsi untuk SMK telah dilakukan oleh 19 Provinsi (sebelum pandemi) dan 15 lainnya belum melaksanakan. Atas kondisi ini penyesuaianpenyesuaian sedang disiapkan, baik mekanisme maupun aplikasi, yang akan kami koordinasikan lebih lanjut dengan Bapak/Ibu sekalian.

8. Kompetisi internasional di semua jenjang secara umum dibatalkan, kecuali untuk beberapa olimpiade sains tingkat SMA (ICHO, IBO, IEO, IOI, IESO, IOAA), lomba peneltian internasional (YIC) tetap dilaksanakan secara daring, dan festival seni poster (IHSAF) di Jepang. Kami mohon Bapak/Ibu berkenan memberikan ijin, melakukan pengawasan dan pendampingan bersama orang tua, kepada anak-anak yang telah terpilih untuk mengikuti kompetisi internasional yang berasal dari daerah Bapak/Ibu.

9. Semua kegiatan festival/lomba menghendaki peserta didik tetap di rumah. Marwah kompetisi dan integritas akan sangat tergantung pada diri peserta didik sendiri dan orang tua/keluarga di rumah. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab kita semua dan orang tua/keluarga Indonesia untuk menjaga semua proses ini dapat berlangsung dengan lancar, aman, sehat, tertib, penuh integritas dan keteladanan. Kita semua yakin, peserta didik Indonesia adalah generasi yang tangguh dan penuh integritas.

10. Sejumlah penyesuaian dan adaptasi program/kegiatan di tingkat daerah dan perguruan tinggi kiranya masih dapat Bapak/Ibu lakukan di tengah berbagai keterbatasan karena krisis pandemi ini. Koordinasi yang intens kami lakukan sejauh ini dengan para pejabat/penanggung jawab program di Dinas Pendidikan, para Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan alumni, dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di seluruh Indonesia. Peran Daerah dan Perguruan Tinggi sangat diperlukan dalam bergotong royong (koordinasi, pembinaan, pemantauan, dan memberi masukan) mengembangkan prestasi peserta didik dengan sebaik-baiknya.

Untuk informasi dan penjelasan lebih teknis kami sampaikan melalui surat perbidang/perjenjang, forum rapat virtual, melalui laman kami dan infografis agenda Puspresnas (terlampir).

https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/08/Surat-Pemberitahuan-Pelaksanaan-Kegiatan-Masa-Covid_fix.pdf

Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon