05 February 2018

Tempat Pelaksanaan Olimpiade Sains Internasional Tahun 2019

Olimpiade Sains Internasional adalah olimpade yang diselenggarakan pada tingkat internasional dalam berbagai bidang Sains, dimana masing-masing bidang umumnya diselenggarakan sendiri-sendiri oleh lembaga/institusi pemerintah ataupun non-pemerintah dari suatu negara.

Pada tulisan ini kami akan memberikan informasi tempat pelaksanaan Olimpiade tingkat Internasional 2019 nanti untuk semua bidang lomba di tingkatan Internasional.  Tujuannya adalah untuk memberikan semangat kepada calon peserta Olimpiade untuk lebih semangat bisa sampai ke tingkat Internasional. 

Olimpiade Internasional

OSN Tahun 2018 (kecuali Bidang Ekonomi) merupakan tahapan untuk menyeleksi siswa yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang Olimpiade Sains Internasional Tahun 2019. Tempat pelaksanaan Olimpiade Sains Internasional Tahun 2019 adalah:

  1. Olimpiade matematika internasio al yang disebut International Mathematical Olympiad (IMO) 2019 dilaksanakan di Inggris
  2. Olimpiade fisika tingkat internasional International Physics Olympiad (IPhO)  2019 dilaksanakan di Israel
  3. Olimpiade kimi tingkat internasional International Chemistry Olympiad (IChO) 2019 dilaksanakan di  Perancis
  4. Olimpiade informatika tingkat internasional International Olympiad in Informatics (IOI) 2019 dilaksanakan di  Azerbaijann
  5. Olimpiade biologi tingkat internasional Iternational Biology Olympiad (IBO) 2019 dilaksanakan di Hungaria
  6. Olimpiade Astronomi  dN astrofisika tingkat  internasional Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2019 dilaksanakan di  HungariaI
  7. International Earth Science Olympiad (IESO) 2019 dilaksanakan di Korea Selatan
  8. International Geography Olympiad (IGeO) 2019 dilaksanakan di Hong Kong

Daftar olimpiade sains internasional
1. International Mathematical Olympiad (IMO)
2. International Physics Olympiad (IPhO)
3. International Chemistry Olympiad (IChO)
4. International Olympiad in Informatics (IOI)
5. International Biology Olympiad (IBO)
6. International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA)
7. International Earth Science Olympiad (IESO)
8. International Geography Olympiad (IGeO)
9. Asia Physics Olympiad (APhO)
10. World Physics Olympiad (WoPhO)
11. Asia Pasific Astronomy Olympiad (APAO)
12. International Astronomy Olympiad (IAO)

Itulah tempat pelaksanaan OLIMPIADE  tingkat internasional yg akan dilaksanakan pada tahun 2019 nanti yang kami kutip dari juknis osn sma 2018.

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa SMA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba/olimpiade baik nasional maupun internasional. Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, Olimpiade ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Olimpiade Sains sebenar banyak tujuan diantaranya Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, Olimpiade Sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para siswa. Sehingga dengan adanya Olimpiade yang seleksinya bertahap ini mulai dari seleksi di tingkat kabupaten,  seleksi  di tingkat provinsi  dan dilanjutkan pemenangnya seleksi di tingkat nasional.  Para sang juara tingkat nasional inilah yang memiliki kesempatan ke tingkat internasional.

Tidak mudah untuk sampai ke tingkat internasional karena seleksinya sangat ketat yang berjenjang dan sistematis.  Untuk lulus seleksi dari tingkat ke tingkat tentu membutuhkan persiapan yang matang dan energik. 

3 comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon