20 April 2018

Pelaksanaan OSP SMP 2018 : Soal Bertipe HOTS

Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi yang disebut dengan singkatan OSP. OSP SD sudah dilaksanakan pada tanggal 3-4 april 2018,  OSP SMA Sudah dilakansakan pada tanggal 17-19 Arpril 2018.  Sabtu  21 Apri 2018 adalah pelaksanaan OSP SMP 2018.

Osp smp 2018

OSN SMP yang dimulai sejak tahun 2003 terus meningkatkan mutu dalam seleksi, baik dari segi proses pelaksanaan maupun dalam soal seleksi yang diberikan. Baru-baru heboh media sosial karena soal ujian nasional matematika SMA yang soalnya soal soal hots. Untuk olimpiade, tidak hanya olimpiade SMP, baik tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan sampai ke tingkat internasional sekalipun, soal yang dihadapkan pada peserta adalah soal soal High Order Thinking Skills atau HOTS. Kenaapa, karena keterampilan yang diharapkan dimiliki pesert OSN adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Tingkat kesulitan soal HOTS tentu dibuat secara bertingkat, soal seleksi tingkat provinsi pasti memiliki kesulitan yang tinggi dibandingkan soal seleksi tingkat kabupaten. Terus selanjutnya soal seleksi tingkat nasional sudah pasti lebih membutuhkan berpikir tingkat tinggi lagi dibandingkan untuk mengerjakan soal tingkat provinsi.

Pengenalan model soal penalaran merupakan salah satu tuntutan kompetensi dalam pembelajaran abad 21, yakni berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Dengan begitu, peserta didik diharapkan mampu menganalisa data, membuat perbandingan, membuat kesimpulan, menyelesaikan masalah, dan menerapkan pengetahuan pada konteks kehidupan nyata.Olimpiade Sains Provinsi (OSP)  ini merupakan titik awal pemilihan untuk peserta OSN tingkat nasional,  kemudian para sang juara OSN nasional nantinya akan menjadi team olimpiade sains indonesia yang akan dikirim di olimpiade sains tingkat internasional.

Untuk menjadi sang juara OSN ditingkat provinsi makin susah,  kenapa tidak!,  selain dari bentuk soal yang analisa soal tinggi,  persaingan ditingkat provinsi adalah para sang juara OSN dikabupate,  mereka mereka adalah handalan kabupaten. 

Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi OSP SMP ini juga digelar secara serentak diseluruh indonesia,  guna untuk menjaga kerahasiaan soal.  Selamat berlomba siswa siswi kami,  ini adalah ajang bergengsi bagi kamu,  harumkna nama kabupaten dan  nama baik sekolah.

Peserta OSP SMP 2018 Provinsi Riau
Foto Peserta OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 di Provisi Riau tampak sedang mengerjakan soal OSP 2018.
Sumber Foto : Facebook Ditpsmp.Lomba Bakat Prestasi 2018

Dengan berlomba olimliade sejenis ini bisa menumbuh kembangkan jiwa kompetitif dan karakter yang baik. 

Selamat bertanding besok anak anak mami,  mereka adalah teman mu seperjuangan dalam keilmuan.  Peserta lain bukan lah lawan mu,  jadikan kamu salin kawan. 
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon