01 March 2019

Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten

Berbagi Soal Olimpiade terus akan Folder OSN lakukan, ini adalah sebuah komitmen awal berdirinya Folder OSN. Dalam laman ini yang akan Folder OSN bagikan adalah Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2019 serentak diseluruh Indonesia. Semoga soal ini nantinya bemanfaat. Waktu untuk mengerjakan soal OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten ini adalah 3 jam.
Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten

Berikut Soal OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten, dan jawabannya silahkan download dibawah soalnya ya..

1. (10 poin) Tinjau suatu sistim yang terdiri dari dua pendulum. Pendulum pertama bermassa M dengan panjang 2L, dan pendulum kedua bermassa m dengan panjang L, seperti terlihat pada gambar di bawah. Pendulum pertama dilepas dari sudut 90° dan bertumbukan dengan pendulum kedua. Setelah tumbukan, pendulum pertama mencapai sudut 90°, sedangkan pendulum kedua berhasil berputar dengan lintasan berbentuk lingkaran penuh. Tentukan:
Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten

a. koefisien restitusi, 𝑒 dan
b. perbandingan massa dari 2 pendulum ini, M/m!

2. (10 poin) Sebuah silinder berongga berjari-jari 𝑟 bermassa 𝑚 berada di pinggir meja. Jika silinder itu jatuh menggelinding dari keadaan diam kemudian lepas dari meja pada sudut 𝜃. Tentukan:
a. nilai 𝜃 tersebut dan
b. kecepatan pusat massanya pada saat itu?
Diketahui percepatan gravitasi g
Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten


3. (15 poin) Empat buah mobil masing-masing A, B, C dan D melaju di jalan tol dua arah (Timur-Barat) dengan kecepatan konstan. Mobil A, mobil B dan mobil C bergerak ke timur, sedangkan mobil D bergerak ke barat. Diketahui:
Mobil A menyalip mobil B pada pukul 10.00.
Mobil A menyalip mobil C pada pukul 11.00.
Mobil A berada pada posisi yang sama dengan mobil D pada pukul 12.00.
Mobil B berada pada posisi yang sama dengan mobil D pada pukul 14.00.
Mobil C berada pada posisi yang sama dengan mobil D pada pukul 16.00.

a. Tentukan kapan mobil B menyalip mobil C.
b. Ketika suatu rentang waktu tertentu ditinjau dari timur ke barat, urutan mobil berturut-turut adalah A – D – B – C, tentukan kapan ketika mobil B berada tepat di tengah-tengah antara mobil D dan C.

4. (15 poin) Dua buah benda awalnya berada di atas permukaan tanah pada posisi yang sama (anggap benda sebagai titik). Pada t = 0 kedua benda diberi kecepatan, berturut-turut, sebesar 𝑣1 dan 𝑣2. Kecepatan benda pertama memiliki sudut 𝜃1 terhadap sumbu horizontal dan kecepatan benda kedua memiliki sudut 𝜃2 terhadap sumbu horizontal seperti tampak pada gambar.

Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten

a. Tentukan syarat untuk besar kecepatan dan sudut pelemparan kedua benda agar minimal kecepatan dari kedua benda pernah saling tegak lurus sekali!
b. Jika kejadian kecepatan kedua benda tegak lurus terjadi sebanyak dua kali. Tentukan interval waktu antara dua kejadian tersebut!
c. Tentukan perpindahan benda pertama dari kejadian pertama ke kejadian kedua!
d. Tentukan perpindahan benda kedua dari kejadian pertama ke kejadian kedua!

5. (13 poin) Pada suatu platform kerangka (bumi) yang
berotasi pada sumbu O dengan kecepatan sudut 𝜔0, terdapat platform A yang porosnya berjarak 𝑅 dari pusat kerangka O. Asumsikan platform A berputar tanpa gesekan pada porosnya. Di atas platform A, terdapat beberapa orang yang tersebar di pinggiran platform, sehingga memiliki massa total 𝑀 (anggap pusat massa berada tepat di atas poros) dan momen inersia 𝐼1. Pada awalnya, platform tersebut bergerak bersama dengan kerangka (bumi), sehingga 𝜔𝐴,𝑂 = 0 (tidak ada gerak relatif antara platform A terhadap kerangka O). Namun, jika ditinjau dari kerangka non-inersial (misalnya dari luar angkasa), platform tersebut berotasi dengan kecepatan sudut 𝜔𝐴,𝑁𝐼 = 𝜔0, dan juga berevolusi terhadap pusat kerangka O.
Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten

Layaknya partikel-partikel angin topan yang berputar dan bergerak menuju pusatnya (di mana tekanan lebih rendah), orang-orang tersebut bergerak menuju pusat platform A, sehingga momen inersia platform A berkurang menjadi 𝐼2. Anggap pusat massa tidak berubah sepanjang perjalanan tersebut. Tentukan:
a. kecepatan sudut akhir platform A (𝜔′𝐴,𝑂) relatif terhadap kerangka (bumi)! Nyatakan jawaban Anda dalam 𝑀, 𝑅, 𝐼1, 𝐼2, dan 𝜔0. Apakah rotasinya searah atau berlawanan jarum jam?
b. energi yang harus dikeluarkan oleh orang-orang tersebut untuk mengubah momen inersia platform A dari 𝐼1 menjadi 𝐼2? Nyatakan jawaban Anda dalam 𝑀, 𝑅, 𝐼1, 𝐼2, dan 𝜔0.

6. (12 poin) Sebuah benda kecil bermassa 𝑚 digantungkan pada atap ruangan dengan panjang tali yang dapat diabaikan. Ruangan tersebut bermassa 𝑀 dan memiliki tinggi 𝐻 serta berada di atas sebuah pegas dengan konstanta pegas 𝑘. Sistem tersebut sedang berada dalam kondisi setimbang. Pada 𝑡 = 0, tali penggantung dipotong sehingga benda 𝑚 jatuh dengan percepatan g terhadap tanah. Asumsikan nilai 𝑀 sangat besar. Tentukan waktu yang ditempuh benda 𝑚 hingga menumbuk lantai ruangan. (Petunjuk: untuk nilai 𝑥 kecil, maka cos𝑥 ≈ 1 − 𝑥2/2).
Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten

7. (12 poin) Tiga buah partikel A, B dan C yang bermassa sama 𝑚 dapat meluncur sepanjang lintasan lingkaran licin pada bidang horizontal seperti pada gambar. Partikel B dan C terhubung oleh suatu pegas dengan tetapan pegas 𝑘 dan panjang naturalnya adalah 𝑅. Pada awalnya sistem B dan C berada dalam keadaan diam di sepanjang garis radial dan partikel A bergerak dengan laju 𝑣0. Jika koefisien restitusi tumbukan antara A dan B adalah 𝑒, tentukan panjang maksimum pegas selama gerakannya.
Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten


8. (13 poin) Sebuah karet homogen memiliki massa m dan dapat dianggap seperti pegas yang memiliki konstanta elastisitas k. Ketika karet tersebut dalam kondisi tidak tertekan, karet tersebut berbentuk seperti cincin dengan jari-jari r (Abaikan ukuran penampang lintang karet). Selanjutnya karet tersebut ditempatkan secara horisontal pada permukaan licin suatu kerucut terpancung dengan jari¬jari atas r, jari-jari bawah R > r dan tinggi kerucut t. Percepatan gravitasi g ke bawah. Tentukan:
a. pertambahan jari-jari karet dinyatakan dalam m, g, k, r, R dan t.
b. tinggi karet dari alas kerucut.
Soal dan Jawaban OSN Fisika SMA 2019 Tingkat Kabupaten

Download File PDF Soal OSN Fisika SMA 2019 Seleksi Tingkat Kabupaten Beserta Jawaban | DOWNLOAD Pasw:  OSKSMA2019

Download Kumpulan Soal OSN SMA 2019 Semua Bidang. | DOWNLOAD

Download Kunci Soal OSN SMAN 2019 Semua Bidang | DOWNLOAD
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon