28 January 2020

Download Silabus OSN SD 2020 yang diganti nama menjadi KSN SD 2020

Folder OSN. Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN-SD), dan sekarang namanya berubah menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) bagi siswa SD. Nah, sekarang Folder OSN ingin berbagi silabus KSN SD tahun 2020. Sebelumnya mimin sudah bagikan Petunjuk Pelaknaan KSN SD 2020. Bagi sobat yang sudah download Petunjuk Pelaksanaan tersebut berarti sudah mendownload silabus OSN SD atau dengan nama baru silabus KSN SD 2020. Dalam petunjuk pelaksanaan itu sudah ada pada halaman 48 - 59 untuk mata pelajaran IPA dan pada halaman 60 - 79 untuk mata pelajaran Matematika.

Kisi-kisi soal OSN bidang IPA tingkat SD mencakup kompetensi inti dan kompetensi dasar kelas IV, V dan VI serta pengembangan materi sesuai dengan olimipiade sains tingkat internasional (IMSO).

Lingkup materi yang tidak terdapat pada kompetensi dasar dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016 merupakan perluasan kompetensi untuk menyesuaikan kebutuhan olimpiade sains tingkat internasional.

Kisi-kisi soal OSN bidang Matematika tingkat SD/MI mencakup kompetensi inti dan kompetensi dasar kelas IV, V dan VI serta pengembangan materi sesuai dengan olimipiade sains tingkat internasional.

Lingkup materi yang tidak terdapat pada kompetensi dasar dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016 merupakan perluasan kompetensi untuk menyesuaikan kebutuhan olimpiade sains tingkat internasional.
Silabus KSN SD

Silahkan Download Silabus OSN SD / KSN SD 2020 melalui link download dibawah :


Pada tahun 2020 ini ada perubahan nama OSN SD yang sebelumny adalah Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN-SD), dan sekarang namanya berubah menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) bagi siswa SD dan atau yang sederajat tahun 2020.

Perubahan itu nama OSN SD menjadi KSN SD mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan tertera bahwa pemerintah melakukan penjaminan mutu pendidikan serta pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan, teknologi, seni, dan atau olahraga pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/ kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Berdasar pada hal di atas, pemerintah melakukan usaha peningkatan mutu pendidikan dengan mengembangkan Kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN-SD) yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN-SD) untuk memotivasi seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk melakukan konsolidasi, koordinasi, dan pembinaan yang lebih baik, sehingga prestasi siswa tingkat sekolah dasar di Indonesia dapat ditingkatkan.

Kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN-SD) Tahun 2020 diharapkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri. 

Petunjuk pelaksanaan kompetisi ini disusun sebagai acuan bagi panitia penyelenggara baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional serta pihak-pihak terkait sehingga pelaksanaan Kompetisi dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program Olimpade Sains Nasional (OSN-SD) telah dirintis sejak tahun 2003 yang tahun ini berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat. 

Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa. Pelaksanaan KSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif, inovatif serta adaptif terhadap perubahan.

Kompetisi Sains Nasional untuk peserta didik SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat Tahun 2020 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik. Dampak yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya kualitas pendidikan di daerah masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Tujuan umum KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas,integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan khusus KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;
2. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;
3. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;
4. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD dan atau yang sederajat;
5. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
6. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Seleksi KSN dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

SELEKSI KSN SD KECAMATAN 2020
Peserta seleksi tingkat kecamatan adalah peserta didik kelas IV atau V SD dan atau yang sederajat dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2020 dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI);
b Peserta memiliki kompetensi di bidang Matematika atau IPA;
c Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN – SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda.
d Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.
e Peserta diusulkan oleh sekolah untuk mengikuti proses seleksi di tingkat kecamatan. Sekolah hanya mengirimkan 1 (satu) peserta untuk bidang Matematika dan/atau 1 (satu) peserta untuk bidang IPA.

Seleksi tingkat kecamatan menentukan masing-masing 3 (tiga) orang peserta didik terbaik tiap bidang (Matematika dan IPA) untuk dikirim pada seleksi KSN tingkat kabupaten/ kota.

SELEKSI KSN SD KABUPATEN 2020
Seleksi tingkat kabupaten/kota dilaksanakan secara serentak pada bulan Februari 2020;
Peserta seleksi tingkat kabupaten adalah wakil dari hasil seleksi tingkat kecamatan;
Peserta seleksi tingkat kabupaten/kota adalah peserta didik SD dan atau yang sederajat yang masih duduk di kelas IV atau V dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2020 dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI);
b Peserta memiliki kompetensi di bidang Matematika atau IPA;
c Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda;
d Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

Peserta seleksi tingkat kabupaten/kota adalah tiga orang peserta terbaik bidang Matematika dan tiga orang peserta terbaik bidang IPA hasil seleksi tingkat kecamatan yang ditunjukkan dengan surat keputusan pemenang yang telah ditetapkan dan ditandatangani oleh pejabat terkait.

Kegiatan seleksi KSN-SD tingkat kabupaten/kota dilaksanakan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota dengan menggunakan naskah soal seleksi yang disusun oleh tim pusat yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

SELEKSI KSN SD TINGKAT PROVINSI 2020
Seleksi tingkat provinsi dilaksanakan pada bulan April 2020, dengan ketentuan sebagai berikut:
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menunjuk tim independen untuk menyiapkan naskah soal dan melakukan penilaian;

Pelaksanaan seleksi dilaksanakan oleh dinas pendidikan provinsi dan berkoordinasi dengan LPMP setempat;

Setiap kabupaten/kota diwakili oleh 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang Matematika dan 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang IPA sebagai hasil seleksi tingkat kabupaten/kota yang dibuktikan dengan surat keputusan kepala dinas pendidikan kabupaten/kota;

Setiap provinsi membuat Surat Keputusan peserta seleksi KSN-SD Tingkat Provinsi berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Kabupaten/Kota dan dikirim ke Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar paling lambat tanggal 15 Maret 2020.

Peserta seleksi tingkat provinsi adalah peserta didik SD dan atau yang sederajat baik negeri maupun swasta yang masih duduk di kelas IV atau V dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2020 dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI);
b Peserta memiliki kompetensi di bidang Matematika atau IPA;
c Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN – SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda.
d Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

1 Hasil seleksi diumumkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar pada bulan Mei 2020.

2 Daftar nama peserta KSN-SD tingkat nasional tahun 2020 ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar.

3 Setiap propinsi harus melakukan registrasi daring bagi peserta yang akan mengikuti KSN-SD tingkat nasional dengan cara mengunggah kelengkapan berkas yang telah di-scan ke:

1 comment

  1. Tolong pembahasan soal OSN IPA Tingkat provinsi th 2019

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon