31 January 2019

Petunjuk Pelaksanaan O2SN SD Tahun 2019

Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) O2SN-SD Tahun 2019 disusun sebagai panduan pelaksanaan 02SN tahun 2019 terutama di daerah dalam rangka seleksi ditingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar ke-X11 Tahun 2019 (02SN-X11 SD 2019), akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Tengah. Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategic bagi nation andcharacter building atau pembangunan watak bangsa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah dasar (02SN-SD) yang dilaksanakan setiap tahun.

Kegiatan O2SN-SD merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik,yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fairplay (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab)yang ada pada setiap pertandingan/perlombaan cabang olahraga padaO2SN-SD ini. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar ke-XII Tahun 2019 (02SN-XII SD 2019) akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan O2SN yang telah diselenggarakan satu dasawarsa ini sudah berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah dasar sehingga dapat mewadahi para minat dan bakat peserta didik khususnya dalam bidang kinestetik.

Petunjuk Pelaksanaan O2SN SD Tahun 2019

Peserta 02SN-XII SD 2019 yang dikirim wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta 02SN-X11 SD 2019 adalah siswa SD/MI dan atau yang sederajat.
  3. Siswa yang pada tahun pelajaran 2019/2020 masih duduk di SD/MI dan atau yang sederajat dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2007 atau sesudahnya, dibuktikan dengan rapor asli, akte kelahiran asli, dan kartu keluarga asli beserta fotokopinya yang telah dilegalisiroleh kepalasekolah yang bersangkutan. Apabila siswa yang bersangkutan masih duduk di SD/MI dan atau yang sederajat namun lahir sebelum tanggal 1Januari 2007, maka siswa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti 02SN-XI I SD 2019. Begitu pula apabila siswa yang bersangkutan lahir setelah tanggal 1Januari 2007namun telah tamat dari sekolah dasar dan atau yangsederajat, maka siswa yang bersangkutan tidak dapatjuga mengikuti 025N-XIISD 2019.
  4. Pelaksanaan seleksi di daerah siswa kelas VI tahun pelajaran 2018/2019tidak diikutsertakan
  5. Perwakilan tingkatkecamatan merupakan atlet terbaik hasil seleksai tingkat kecamatan, dibuktikan dengan surat keputusan (SK) UPTD kecamatan/kepala koordinator wilayah.
  6. Perwakilan tingkat kabupaten/kota merupakan atlet terbaik hasil seleksi tingkat kabupaten/kota, dibuktikan dengan surat keputusan (SK) kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.
  7. Perwakilan tingkat provinsi merupakan atlet terbaik hasil seleksi peserta tingkat provinsi, dibuktikan dengan surat keputusan (SK) kepala dinas pendidikan provinsi.
  8. Belum pemah menjadi juara 1, 2, dan 3 pada 02SN-SD tahun sebelumnya.
  9. Belum pernah juara 1,2, dan 3 pertandingan/perlombaan tingkat internasional resmi mengacu pada masing-masing cabang olahraga.
  10. Berlaku disiplin, sportif, menghargai sesama peserta lomba, menghargai panitia, juri/wasit, dan perangkat pertandingan/perlombaan Iainnya.
  11. Memenuhi persyaratan peserta sebagaimana diatur pada ketentuan khusus masing  masing cabangolahraga.
  12. Apabila peserta yang dikirim tidak memenuhi ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 1 s.d. 11 di alas, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti 02SN-XII .

Mekanisme Seleksi Peserta O2SN SD Tahun 2019
Seleksi peserta 02SN-XII SD 2019 dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota sampai tingkat provinsi. Seleksi dilaksanakan oleh UPTD kecamatan/koordinator wilayah(diketahui oleh camat setempat, apabila satuan pelayanan PTD tidak ada di daerah tersebut), dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi berkoordinasi dengan pengurus kabupaten/kota atau pengurus provinsi/pengurus daerah cabang olahraga masing-masing.
  1. Tingkat kecamatan r-01 02SN-XII SD 2019 di tingkat kecamatan dilaksanakan pada minggu pertama bulan April 2019 untukmenentukan atlet terbaik yang akan mewakili kecamatan pada tingkat kabupaten/kota.
  2. Tingkat kabupaten/kota 02SN-XII SD 2019 di tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada minggu pertama bulan Mei 2019 untuk menentukan atlet terbaik yang akan mewakili kabupaten/kota pada tingkat provinsi.
  3. Tingkat provinsi 02SN-XII SD 2019 di tingkat provinsi dilaksanakan pada minggu pertama bulan Juli 2019 untuk menentukan atlet terbaik yang akan mewakili provinsi pada tingkat nasional. Seleksi peserta 02SN-XII SD 2019 mulai dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat provinsi mengacu pada petunjuk teknis Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar ke-X11 Tahun 2019 (02SN-XII SD 2019), yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

DOWNLOAD PETUNJUK PELAKSANAAN O2SN SD TAHUN 2019 | DOWNLOAD
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon