17 October 2019

Menuju Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2020

Folder OSN. Olimpiade Sains Nasional (OSN) tiap tahunnya diadakan oleh PSMA. OSN merupakan ajang olimpiade yang ditunggu oleh peserta didik, karena bagi peserta didik gengsi mengiktui OSN itu sangat tinggi. Untuk mengikuti OSN itu tidak lah mudah, karena untuk menjadi peserta OSN ditingkat Kabupaten atau yang disebut dengan OSK, peserta didik harus lulus seleksi ditingkat sekolah. Untuk menjadi peserta seleksi tingkat provinsi harus menjadi sang juara OSN di tingkat kabupaten. Seleksinya makin ketat, karena persaingan antar sang juara dari sekolah masing-masing dan menguasai bidang masing-masing.

Pada OSN 2019 lalu bahwa materi soal yang di ujikan pada OSN selalu berubah tiap tahunnya dan itu menyesuaikan dengan standar soal Olimpiade Sains di Internasional masing-masing bidangnya. Misalkan OSN bilogi, di tahu 2019 sudah menyesuaikan materi dan soal standar International Bilogy Olympiad (IBO) 2020, begitu juga dengan bidang-bidang lainnya Fisika, Kimia, Matematika, Astronomi, Geografi, Komputer dan Ekonomi.

Menuju Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2020

Apa misalkan soal soal OSN 2019 yang sudah menyesuaikan pada soal soal olimpiade sains internasional. OSN bidang kimia juga menyajikan soal-soal kimia organik dan anorganik yang merupakan modifikasi dari soal-soal Olimpiade Kimia Internasional (International Chemistry Olympiad/IChO). Jika pada olimpiade internasional digunakan skala besar, sedangkan dalam OSN digunakan skala kecil, sehingga menuntut kecermatan tinggi dalam pengerjaannya. “Cara membaca soal juga merupakan hal yang sangat penting, karena ketika peserta tidak tepat dalam memahami soal maka selanjutnya tidak akan benar dalam penyelesaiannya. Diharapkan ada bibit-bibit dari daerah yang muncul, karenanya perlu identifikasi bakat terlebih dahulu. Jika sudah ditemukan, sedikit pembinaan saja sudah dapat membekali anak-anak berbakat untuk berlomba di ajang nasional.” Kata Djulia Onggo, salah satu tim juri bidang kimia.

Misalkan pada bidang biologi, Topik pertama anatomi morfologi dan sistematik tumbuhan, kedua anatomi fisiologi dan sistematik hewan, ketiga ekologi dan etologi (prilaku hewan), terakhir adalah biokimia dan biologi molekuler. “Tahun ini mereka langsung menilai prilaku hewan melalui tayangan video yang menggambarkan aktivitas hewan seperti perilaku makan, main, perilaku kawin dan sebagainya.

Nah, untuk sahabat Folder OSN dalam mempersiapkan OSN 2020 saran dari kami jangan hanya focus pada soal soal OSN 2019, OSN 2018 dan tahun tahun sebelumnya. Tapi mulai terus untuk mempelajari materi dan soal yang berstandar Internasional.

Jika kamu membutuhkan soal soal OSN SMA tahun sebelumnya, silahkan klik link tauatan berikut :

  1. Kumpulan Soal OSP SMA Tahun 2019
  2. Kumpulan Soal OSK SMA Tahun 2019
  3. Kumpulan Soal OSN SMA Tahun 2018 dan Tahun 2017
Jika kamu membutuhkan soal soal OSN SMP tahun sebelumnya, silahkan klik link tauatan berikut :

  1. Kumpulan Soal OSK SMP Tahun 2019
  2. Soal OSP IPS SMP Tahun 2019
  3. Soal OSP Matematika SMP Tahun 2019
Jika kamu membutukan soal soal OSN SD tahun sebelumnya silahkan download pada link dibawah :

  1. Pembahasan Soal OSP Matematika SD Tahun 2019
  2. Soal OSP IPA SD Tahun 2019
OSN = Tingkat Nasional
OSP = Tingkat Provinsi
OSK = Tingkat Kabupaten/kota

6 comments

  1. Kalo untuk umum bisa ikut ga yah

    ReplyDelete
  2. Mantap jiwa, semangat pejuang OSN 2020..Kunjungi blog saya dg klik nama saya, thxx

    ReplyDelete
  3. kak, mau tanya utk silabus osn smp 2020... bisa di unduh dimana ya ? terima kasih

    ReplyDelete
  4. Silabut 2020 kok ngga ada ?
    Silabus 2018 dihapus saja sdh tidak berguna bagi pembaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silabus KSN SMP dan SD ada,
      Silabus KSN SMP lihat disini ya : https://www.folderosn.com/2020/02/silabus-ksn-smp-2020.html

      Delete
  5. Silabus ksn sma 2020 ada ga ya kak? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon