24 August 2020

PANDUAN TEKNIS PELAKSANAAN KSN SD SECARA DARING TAHUN 2020

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayan menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) bagi peserta didik Sekolah Dasar dan/ atau yang sederajat tahun 2020. Panduan Teknis Pelaksanaan KSN – SD sempat kami terbitkan pada bulan Februari 2020 sebelum merebaknya pandemi covid – 19. Panduan ini merupakan revisi dari panduan tersebut sebagai penyesuaian mekanisme pelaksanaan lomba yang di lakukan secara daring.

Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN – SD ) secara Daring di susun sebagai acuan dalam mengikuti seleksi kompetisi mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Semoga Panduan Teknis ini dapat mempermudah dan memperlancar pelaksanaan KSN – SD tahun ini yang dilaksanakan secara daring.

KSN SD 2020

Pelaksanaan Seleksi KSN mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional tahun 2020 merupakan tantangan bagi kita semua. Mengingat wabah pandemic covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Hal itu mengakibatkan tidak dapat dilaksanakannya KSN secara tatap muka.

KSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

Seleksi Tingkat Provinsi

  1. Pusat Prestasi Nasional mengembangkan aplikasi untuk pelaksanaan seleksi KSN-SD secara daring (online);
  2. Setiap kabupaten/kota diwakili oleh 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang Matematika dan 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang IPA sebagai hasil seleksi tingkat kabupaten/kota yang dibuktikan dengan surat keputusan kepala dinas pendidikan kabupaten/kota;
  3. Setiap provinsi membuat Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi tentang Peserta Seleksi KSN-SD Tingkat Provinsi berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan dikirim ke Pusat Prestasi Nasional paling lambat tanggal 11 September 2020.
  4. Setiap Provinsi menyampaikan hasil pemetaan jaringan internet peserta yang dapat mengakses internet menggunakan smart phone android dan paket kuota internet kepada Pusat Prestasi Nasional (lampiran 3) dan dikirim ke Pusat Prestasi Nasional paling lambat tanggal 11 September 2020.

Seleksi Tingkat Nasional

  1. Pusat Prestasi Nasional mengembangkan aplikasi untuk pelaksanaan seleksi KSN-SD secara daring (online);
  2. Pusat Prestasi Nasional menetapkan pemenang hasil seleksi peserta tingkat provinsi berdasarkan ketentuan di bawah ini:
  3. Jumlah peserta KSN-SD tingkat nasional berjumlah 136 peserta didik (untuk setiap bidang) yang berasal dari 34 provinsi. Penilaian peserta yang lolos ke tingkat nasional didasarkan pada mekanisme ranking nasional dan kuota ranking nilai tertinggi pada masing-masing provinsi dengan rincian sebagai berikut:
  • sejumlah 68 peserta didik berdasarkan ranking nasional hasil seleksi tingkat provinsi dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik.
  • sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari ranking tertinggi provinsi.
  • sehingga setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 (dua) peserta didik dan maksimal 5 (lima) peserta didik untuk masing-masing bidang Matematika dan IPA berdasarkan hasil penilaian seleksi tingkat provinsi.
4. Peserta yang lolos seleksi ke tingkat nasional untuk setiap bidang akan dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional dan akan mengikuti seleksi KSN-SD tingkat nasional pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 5 Nopember 2020.

Kompetisi Sains Nasional-Sekolah Dasar (KSN-SD) Tingkat Provinsi dilaksanakan di 34 provinsi pada tanggal 28 September 2020 secara daring, dengan rincian kegiatan sebagai berikut:

Kompetisi Sains Nasional-Sekolah Dasar (KSN-SD) Tingkat Nasional dilaksanakan di 34 provinsi pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 5 Nopember 2020 secara daring, dengan rincian kegiatan sebagai berikut:

Pelaksanaan KSN-SD dilaksanakan secara daring dengan ketentuan waktu  sebagai berikut:

  1. Wilayah Indonesia Barat mulai pukul 09.00 WIB, #Di rumah peserta
  2. Wilayah Indonesia Tengah pukul 10.00 WITA, #Di rumah peserta
  3. Wilayah Indonesia Timur pukul 11.00 WIT #Di rumah peserta

Untuk lebih lengkap tentang PANDUAN TEKNIS PELAKSANAAN KOMPETISI SAINS NASIONAL - SEKOLAH DASAR (KSN-SD) SECARA DARING TAHUN 2020 silahlan download pada link berikut : DOWNLOAD

Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon