16 September 2020

Download Buku Pedoman EXPO Fiksi 2020

Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) hadir untuk memastikan Indonesia siap menjadi tonggak kemandirian ekonomi global di masa depan.

Data yang menunjukkan bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-4 dunia di tahun 2050 ini merupakan salah satu motivasi utama dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa ini. Tahun 2050 adalah ketika para siswa usia pen-didikan menengah saat ini berusia di kisaran 45-50 tahun, usia produktif yang matang, yang pada saat itu akan memegang tanggung jawab penuh terhadap penyelenggaraan, kemajuan, dan keberlangsungan pembangunan. Sehingga perlu disiapkan inisiatif dan program-program yang turut andil dalam mempersiapkan para pemimpin masa depan ini.

FIKSI diselenggarakan untuk memberikan wadah berekspresi dan mengembangkan diri bagi anak Indonesia yang memiliki minat dan bakat istimewa di bidang wirausaha. Menjadi seorang entrepreneur merupakan alternatif pilihan yang bijak dan menekuninya secara sungguh-sungguh dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Melalui FIKSI, generasi muda Indonesia, khususnya siswa SMA diharapkan dapat terus meningkat- kan kepercayaan diri dan kecakapan dalam berinovasi menghasilkan berbagai ide dan kreasi wirausaha.

Buku Pedoman Fiksi 2020

Puncak dari program FIKSI adalah Pameran kewirausahaan SMA. Pameran Kewirausahaan merupakan suatu bentuk kegiatan mempertun- jukkan, memperagakan, memperkenalkan, mempromosikan dan menyebar luaskan infor- masi produk maupun informasi visual hasil karya Finalis FIKSI SMA 2020. Pada tahun ini, sebanyak 125 kelompok finalis FIKSI yang lolos akan diundang untuk untuk mempresentasikan dan memamerkan produk wirausaha mereka secara virtual dalam kegiatan Pameran Kewirausahaan. Selain itu, para finalis akan mengikuti rangkaian kegiatan seru lainnya guna menambah skill finalis dalam bidang kewirau- sahaan serta mendapat dukungan dari masyarakat.

Pedoman ini disusun untuk memberikan gambaran pelaksanaan EXPO FIKSI 2020 dengan tema “5 Preneur (People, Planet, Prosperity, Peace, & Partnership)”.

A. Bentuk Kegiatan Final FIKSI 2020

Kegiatan pada tahap Final FIKSI 2020 terbagi ke dalam 2 kegiatan utama, yaitu seleksi presentasi dan wawancara yang akan dilaksanakan secara virtual serta EXPO Virtual untuk memamerkan karya inovasi peserta. Rangkaian kegiatan final dimeriahkan juga dengan kegiatan pembinaan kewirausahaan untuk seluruh finalis FIKSI 2020.

B. Waktu dan Tempat

  1. Rangkaian kegiatan Final FIKSI 2020 dilaksanakan pada tanggal 19-24 Oktober 2020.
  2. Seleksi presentasi dan wawancara dilak-sanakan secara virtual pada tanggal 20 s.d. 21 Oktober 2020.
  3. EXPO Virtual dilaksanakan pada tanggal 21 s.d. 24 Oktober 2020. 

C. Peserta

Peserta pada babak final terdiri dari 129 tim finalis dan merupakan peserta yang dinyatakan lolos seleksi rencana usaha.

D. Juri dan Panitia

Juri berasal dari unsur akademisi dan praktisi di bidang kewirausahaan. Panitia berasal dari unsur Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan komunitas yang mendukung kewirausahaan SMA.

Download Buku Pedoman EXPO FIKSI 2020 | DOWNLOAD
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon