24 May 2021

PANDUAN TEKNIS PELAKSANAAN KSN-SD SECARA DARING TAHUN 2021

Kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) bagi peserta didik Sekolah Dasar dan/atau yang sederajat tahun 2021 dilakukan secara daring. KSN SD 2021 ini memiliki harapan sebagai salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi muda secak dini mulai selalu mencintai sains, generasi muda yang selali berusaha mengembangkan daya nalar, mengembangkan kreativitas serta kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Panduan Teknis KSN SD 2021

KSN SD tahun 2021 merupakan kompetisi ke-2 yang dilaksanakan secara daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional. Panduan teknis pelaksanaan KSN SD tahun 2021 yang telah disusun merupakan penyempurnaan dari pedoman sebelumnya. Harapannya, panduan teknis ini dijadikan pedoman bagi seluruh pihak terkait dalam mengikuti pelaksanaan KSN SD tahun 2021

Pusat prestasi nasional memberikan panduakn teknis KSN-SD tahun 2021 sebagai acuan untuk peserta, untuk satuan pendidikan serta bagi panitia penyelenggara untuk mempersiapkan dan mengikuti KSN SD.

Strategi Pelaksanaan 
KSN SD tahun 2021 ini dilaksanakan dengan sistem daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional karena kondisi sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid-19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM. Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat. Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Bidang Kompetisi 
Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada KSN SD Tahun 2021 yaitu: 
1. Matematika. 
2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Registrasi/Pendaftaran Peserta 
  1. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman: sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id 
  2. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta KSN SD secara akurat dan benar. 
  3. Sekolah memastikan data NISN peserta telah ter-update. 
  4. Sekolah mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa, surat keterangan sekolah dan surat pendamping pada laman pendaftaran.
  5. format mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa, surat keterangan sekolah dan surat pendamping dapat diunduh pada laman: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Prosedur Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 dilaksanakan dengan mekanisme tahap penyisihan dan tingkat nasional. 

1. Tahap Penyisihan 
a. Setiap satuan pendidikan diwakili oleh paling banyak 1 (satu) orang peserta didik untuk bidang Matematika dan 1 (satu) orang peserta didik untuk bidang IPA. 

b. Tahap penyisihan KSN SD tahun 2021 dilaksanakan secara daring/online. 

c. Tahap penyisihan dapat dilakukan di sekolah maupun dari rumah tetap melakukan protokol kesehatan. 

d. Pusat Prestasi Nasional menetapkan jumlah peserta KSN SD tahun 2021 yang akan lolos ke tingkat nasional sebanyak 272 (dua ratus tujuh puluh dua) peserta didik untuk setiap bidang yang berasal dari 34 (tiga puluh empat) Provinsi. 

e. Pusat Prestasi Nasional tidak melaksanakan pelaksanaan babak penyisihan ulang/susulan.

f. Penilaian peserta yang lolos ke tingkat nasional didasarkan pada mekanisme peringkat nasional dan kuota peringkat nilai tertinggi pada masing-masing Provinsi dengan rincian sebagai berikut: 
  1. 136 (seratus tiga puluh enam) peserta didik berdasarkan ranking nasional hasil seleksi tahap penyisihan dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 6 (enam) peserta didik. 
  2. 4 (empat) peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari peringkat tertinggi provinsi. sehingga setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 4 (empat) dan maksimal 10 (sepuluh) peserta didik untuk masing-masing bidang Matematika dan IPA berdasarkan hasil penilaian seleksi tahap penyisihan. 
g. Peserta yang lolos ke tingkat nasional untuk setiap bidang akan dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional dan akan mengikuti seleksi KSN SD tahun 2021 tingkat nasional. h. Pusat Prestasi Nasional mengumumkan hasil tahap penyisihan melalui laman website Pusat Prestasi Nasional.

SILAHKAN DOWNLOAD 

1 comment

  1. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:

    Institute of Advanced Research in Gandhinagar

    Bareilly International University in Bareilly

    Jamal Mohamed College in Tiruchirappalli

    Spicer Adventist University in Pune

    Osmania University College for Women in Hyderabad<br

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon