05 May 2024

Soal OSN Informatika Tahun 2024 Tingkat Kabupaten

Soal OSN 2024. Adek-adek SMA yang akan dan sedang menyiapkan diri untuk mengikuti OSN Kabupaten ini adalah laman yang adek cari untuk mendapatkan soal OSN informatika tahun 2024. Dilaman ini adek-adek bisa download soal OSN Kabupaten Bidang Informatika, kemudian adek-adek bisa bahas sendiri dan/atau bersama guru pembimbing. Semoga dengan ada soal ini adek-adek bisa terbuka pikirannya untuk mengembangkan lagi pemikirannya tentang Informatika/Komputer. Download soal paling bawah artikel ini.

Soal OSN Informatika Tahun 2024 Tingkat Kabupaten

Soal pertamanya adalah Mencari OSN Pak Dengklek bermain sebuah puzzle klasik di mana ia harus menemukan 3 petak garis lurus berurutan yang memuat tulisan “OSN”. Ketiga petak ini bisa berurutan secara horizontal, vertikal, maupun diagonal; serta boleh dibaca ke 8 arah: atas, bawah, kiri, kanan, kanan-atas, kanan-bawah, kiri-atas, maupun kiri-bawah. (Silahkan Download soal pada link dibawah). Diketahui bahwa hanya terdapat satu lokasi tulisan “OSN” pada puzzle tersebut. Pak Dengklek meminta bantuan kepadamu: di kolom ke berapakah petak huruf ‘O’ yang memuat tulisan “OSN” tersebut?

Soal 2: Mengurutkan Rutinitas

Pak Dengklek ingin membuat sebuah rutinitas malam. Ada 9 kegiatan yang perlu ia rancang, namun ia menemukan bahwa terkadang sebuah kegiatan harus dilakukan sebelum sebuah kegiatan lainnya. Berikut merupakan ilustrasi dari persyaratan 9 kegiatan Pak Dengklek. Jika ada panah dari kegiatan A menuju kegiatan B, artinya kegiatan B hanya bisa dilakukan jika kegiatan A sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Soal 3: Berebut Pizza

Kwak dan Kwik suka sekali pizza. Pak Dengklek memesan 4 loyang pizza untuk mereka berdua: pizza tuna, pizza keju, pizza jagung, dan pizza sayur. Banyak potongan pizza masing-masing loyang pun berbeda-beda sebagai berikut.

Kwak sebenarnya tidak mau makan pizza keju, sedangkan Kwik sebenarnya tidak mau makan pizza tuna. Mereka tahu hal ini satu sama lain dan mereka ingin berebutan memakan sebanyak mungkin potongan pizza yang mereka sukai. Perhatikan bahwa mereka hanya fokus kepada banyaknya potongan dan tidak peduli dengan luas atau besarnya potongan tersebut. Jika dimulai dari Kwak, Kwak dan Kwik berganti-gantian mengambil satu potong pizza mana pun yang mereka sukai (atau jika tidak ada lagi pizza yang ia sukai yang tersisa, maka ia akan berhenti makan — namun temannya tetap bisa makan jika memungkinkan), maka berapa potong pizza paling banyak yang Kwak bisa makan?


Jika ini bermanfaat bagi adek-adek, kami mohon adek-adek bagikan melalui media sosial adek-adek.
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon