05 May 2024

Soal OSN Informatika Tahun 2023 Tingkat Kabupaten

SOAL OSN 2023. SOAL UJIAN SELEKSI CALON PESERTA OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2023 TINGKAT KABUPATEN/KOTA Soal terdiri dari 2 bagian yaitu Bagian A: Analitika & Logika dan Bagian B: Algoritmika. 

Soal OSNK Informatika 2023

Sedikit cuplikan soal yang di ketik ulang kembali saya bagian.

1. Kwik mempunyai tiga variabel boolean P, Q, dan R. Kwik ingin membuat sebuah operasi logika yang mengembalikan nilai TRUE jika dan hanya jika minimal dua variabel dari P, Q, atau R mempunyai nilai TRUE. Operasi logika mana yang memenuhi kriteria Kwik tersebut?

A. (P or Q or R) and (not P or not Q or not R)

B. (not (P or Q)) or (not (Q or R)) or (not (R or P))

C. (not (P and Q)) and (not (Q and R)) and (not (R and P))

D. (P and Q) or (Q and R) or (R and P)

E. (P or Q) and (Q or R) and (R or P)


2. Pak Dengklek menemukan sebuah kotak mainan di dalam gudang rumahnya. Ternyata, kotak tersebut milik lima bebek Pak Dengklek: Kwak, Kwik, Kwuk, Kwek, dan Kwok. Terdapat lima buah bebek karet berwarna merah, biru, hijau, kuning, dan ungu. Diketahui bahwa setiap bebek karet dimiliki oleh tepat satu bebek. Diketahui juga bahwa setiap bebek pasti memiliki bebek karet dengan warna yang sesuai dengan salah satu warna kesukaannya. Jika diberikan informasi sebagai berikut:

• Kwok hanya menyukai warna oranye, hijau dan kuning.

• Kwuk menyukai semua warna selain oranye, ungu, kuning, dan biru.

• Kwak hanya menyukai warna hijau, oranye, dan biru.

• Kwek hanya menyukai warna merah dan ungu.

• Kwik menyukai semua warna selain biru, ungu, hijau, dan merah.

Siapa pemilik bebek karet berwarna hijau?

A. Kwok

B. Kwuk

C. Kwek

D. Kwik

E. Kwak


3. Karena merasa bebeknya sudah terlalu banyak, Pak Dengklek ingin mengurangi jumlah bebeknya dengan cara menjual semua bebek yang tidak ‘unggul’. Pak Dengklek menyiapkan 10 soal dari nomor 1 sampai 10 untuk dikerjakan semua bebeknya (benar bernilai 1, salah bernilai 0). Bebek dikatakan ‘unggul’ jika mendapat nilai paling sedikit 8. Kwak adalah bebek yang sangat cerdas dan telah mengetahui jawaban yang benar dalam menjawab soal apapun. Namun, Kwak tidak selalu ingin memberikan jawaban yang benar. Agar Kwak tidak dijual, berapa banyaknya cara Kwak memilih soal yang akan dijawab dengan benar jika Kwak menjawab soal nomor 1, 3, dan 5 dengan benar?

A. 29

B. 21

C. 8

D. 3

E. 1


4. Kwek mengikuti kegiatan maraton bebek dengan panjang lintasan tak terhingga. Pertama-tama Kwek dapat berlari 100 km sebelum lelah. Setelah istirahat, Kwek akan lelah lagi setelah menempuh 3/5 jarak yang telah ditempuh sejak lelah yang sebelumnya, dan begitu seterusnya. Berapakah total jarak lintasan yang ditempuh Kwek?

A. 160 km

B. 196 km

C. 222 km

D. 250 km

E. 300 km


5. Pak Dengklek memiliki bebek yang jumlahnya tak terhingga. Dalam 30 hari ke depan, Pak Dengklek ingin memandikan bebek-bebeknya. Karena bebek-bebeknya malas mandi, Pak Dengklek menunjuk 5 bebek paling setianya yaitu Kwak, Kwik, Kwuk, Kwek, dan Kwok untuk mandi di hari pertama sekaligus sebagai inspirasi bagi bebekbebek yang lain agar mau mandi. Setiap hari setelah hari pertama, bebek yang mau mandi ada sebanyak bebek yang mandi di hari sebelumnya ditambah 3. Tidak ada bebek yang mandi 2 kali. Setelah 30 hari berlalu, berapa banyak bebek yang sudah mandi?

A. 150

B. 237

C. 1455

D. 1458

E. 2910


6. Terdapat 2 kotak tertutup yang masing-masing berisi 40 buah. Sebanyak 7 dari 80 buah tersebut dalam keadaan busuk, dan sisanya segar. Diketahui beberapa pernyataan berikut:

• setiap kotak berisi setidaknya 36 buah segar

• salah satu kotak berisi lebih dari 3 buah busuk

• salah satu kotak berisi setidaknya 37 buah segar

• tepat satu kotak berisi setidaknya 33 buah segar

Manakah pernyataan di atas yang pasti benar.

A. 2 dan 3

B. 1 dan 2

C. 1 dan 3

D. 1, 2, dan 3

E. 1, 2, 3, dan 4


7. Sebuah situs undian gratis berniat mengundi sebuah string berisi huruf dengan panjang 3. Mereka membuka slot tak terbatas untuk menebaknya. Tebakan benar akan mendapat hadiah 10 miliar. Pak Dengklek mengajak 17.576 bebeknya untuk ikut menebak dari AAA hingga ZZZ urut secara leksikografis (bebek ke-1 menebak AAA, bebek ke-2 menebak AAB, bebek ke-17.576 menebak ZZZ) agar dipastikan memenangkan hadiah. Maka bebek yang ke 1532 akan menebak string…

A. CGX

B. BFX

C. BGX

D. CGY

E. AFX

Adek-adek SMA yang sedang mencari Soal OSN Informatika Tahun 2023 Tingkat Kabupaten, ini adalah laman download yang adek cari. Silahkan di bagian bawah artikel ini nanti adek-adek donwload soal OSN Informatika/komputer tahun 2023 tingkat kabupaten tersebut.

DOWNLOAD SOAL UJIAN SELEKSI CALON PESERTA OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2023 TINGKAT KABUPATEN/KOTA

Jika ini bermanfaat, maka harap kami adek-adek juga bagikan kepada yang lain melalui media sosial yang adek-adek miliki.


Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon